Tanggal Posting

October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Aktifitas


Fia Mengetik

Pelajaran Bahasa Inggris

ANTY WAS LOST

Anty was an ant. Yesterday, she was separated from the group. She was very sad and scared.
When she reached the middle of the forest, suddenly came the green animal. Anty so surprised.
“Can I help you?” Said the green animal.
“I was lost, now I don’t know the way to go home.” Said Anty sad.
“I can help you! Come up to my tongue, “said the green animal as he stuck out his tongue. But …
“Kroookk …” suddenly the green animal voice.
“Hmmm … I know .. Looks like you .. You are a frog! Frogs usually eat ants! Oh no … Surely you will eat me! “Said Anty fear. She ran.
Anty run very fast, while the frog chase while sticking out his tongue. Anty deftly dodge.
“Krookk … Kroook …, “the frog suddenly in pain. Apparently, Anty’s friends came and nibbled frog legs. After frog was gone, Anty’s friends immediately brought back to her home.
“My friends, thank you very much! You have to help me. If not, I will not survive, “said Anty happy.
“You’re welcome, Anty, “said one of her friends.
“I love you all!” Said Anty, hugging her friends.

Kamus Bahasa Inggris tambahan: * Startled, shocked, surprised=kaget, leave=pergi, stick out (of several things)=julur, separate=terpisah, group=rombongan, afraid=takut.

***

PERKEBUNAN TEH

Pada suatu hari, ayah Ani ingin pergi ke suatu tempat. Karena hari itu hari libur, Ani ingin ikut ayahnya pergi. Ayah Ani pun mengizinkannya. Ani ikut ayahnya berjalan kaki ke Puncak, karena rumah mereka dekat. Sesampainya di Puncak, Ani melihat-lihat sekelilingnya. Ternyata Ani bengong, tetapi tak lama.
“Ani, jangan bengong saja!”kata ayah Ani sambil mengagetkan Ani.
“Ayah jangan ngagetin Ani dong, yah!”kata Ani sambil berjalan.
Setelah itu, ayah mengajak Ani memetik daun teh. Bagi Ani, itu kegiatan yang sangat menyenangkan. Setelah memetik daun teh, mereka pergi ke tempat yang tidak Ani ketahui.
“Tempat apa ini, yah?”Tanya Ani kebingungan.
“Ini tempat pembuatan teh dari daun teh yang sudah dipetik,”jawab ayah.
“Ani boleh melihat proses pembuatannya tidak?”Tanya Ani lagi.
“Maaf Ani, lain kali saja, ya, kita harus pulang sekarang,”jawab ayah Ani lagi.
Setelah memberikan daun teh yang mereka petik, mereka pulang ke rumah. Ani senang sekali karena bisa pergi ke kebun teh di Puncak.

SELESAI

* * *

Pelajaran PKn

RANGKUMAN

Sistem pemerintahan Indonesia (pusat) dipimpin oleh seorang presiden.  Sistem pemerintahan pusat terdiri dari lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif dan BPK.

Lembaga legislatif terdiri dari MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat), DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), dan DPD (Dewan Perwakilan Daerah).  Anggota MPR adalah gabungan dari anggota DPD dan DPR.  Masa jabatan anggota MPR adalah 5 tahun, dan berakhir bersamaan saat anggota MPR yang baru mengucapkan sumpah/janji.  Tugas MPR, beberapa diantaranya: mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945, melantik presiden dan wakil presiden berdasarkan hasil pemilu, dan masih banyak lagi.  Alat kelengkapan MPR terdiri atas pimpinan MPR (terdiri dari seorang ketua dan 3 orang wakil), Panitia Ad Hoc, dan Badan Kehormatan.

DPR memegang kekuasaan  membentuk undang-undang.  Masa jabatan anggota DPR adalah 5 tahun.  DPR memiliki fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.  Anggota DPR di Indonesia adalah 560 orang.  Tugas DPR, beberapa diantaranya: membentuk undang-undang yang dibahas dengan presiden dan untuk mendapat persetujuan bersama, memberikan persetujuan kepada presiden atas pengangkatan dan pemberhentian anggota Komisi Yudisial, dan banyak lagi.  Anggota DPR memiliki hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat.  Selain itu, anggota DPR juga memiliki hak mengajukan RUU, mengajukan pertanyaan, menyampaikan usul dan pendapat, membela diri, imunitas, protokoler, keuangan dan administratif.  Alat kelengkapan DPR, antara lain: pimpinan, Komisi Badan Urusan Rumah Tangga, Badan Kerjasama antar Parlemen, Badan Anggaran, Badan Akuntabilitas Keuangan Negara, Badan Kehormatan, Panitia Khusus, dan alat kelengkapan yang diperlukan lainnya. Anggota DPR tidak boleh merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya.

DPD mempunyai fungsi sebagai berikut:Pengajuan usul, ikut dalam pembahasan, memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu, pengawasan atas pelaksanaan undang-undang tertentu. Masa jabatan anggota DPD adalah 5 tahun. Tugas DPD, salah satunya:menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari BPK untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR tentang RUU yang berkaitan dengan APBN.

Presiden termasuk ke dalam  lembaga eksekutif.  Yang termasuk eksekutif lainnya adalah wakil presiden dan anggota kabinetnya.  Masa jabatan presiden dan wakil presiden adalah 5 tahun, dan dapat diperpanjang untuk 1 kali masa jabatan. Dengan adanya perubahan (amandemen) UUD 1945, presiden tidak lagi bertanggung jawab kepada MPR, dan kedudukan antara presiden dan MPR adalah setara. Wewenang, kewajiban, dan hak presiden, beberapa diantaranya:memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD, menetapkan peraturan pemerintah, menyatakan keadaan bahaya, dan masih banyak lagi.

Mahkamah Agung (MA) adalah salah satu kekuasaan kehakiman di Indonesia. Salah satu kewajiban dan wewenang MA adalah:mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi.  Pada MA terdapat hakim agung (paling banyak 60 orang).

Mahkamah Konstitusi (MK) juga salah satu kekuasaan kehakiman di Indonesia.  MK mempunyai hakim konstitusi yang ditetapkan oleh presiden.  Masa jabatan anggota MK adalah 5 tahun, dan dapat diperpanjang untuk satu kali masa jabatan.

Komisi Yudisial memiliki wewenang mengusulkan pengangkatan hakim agung, dll.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memiliki wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.  Untuk lebih memantapkan tugas BPK RI, ketentuan yang mengatur BPK RI dalam UUD tahun 1945 telah diamandemen.